HABIB LUTHFI: Dulu Pekalongan Itu Serambi Mekah

Kamis sore 29 Juni 2017 bertepatan dengan hari ke-5 lebaran Idul Fitri 1438 H, kami bersilaturrahim ke para Masyayikh melanjutkan silaturrahim satu hari sebelumnya karena tidak cukup waktu. Sekitar pukul 5 sore, sampailah kami di Ndalem Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.
Segera saja kami naik ke lantai atas untuk menunggu giliran masuk ke dalam ruangan dimana beliau biasa menemui tamu-tamunya. Tak begitu lama menunggu, kami pun masuk setelah sebagian tamu keluar dari ruangan.

Habib Luthfi meminta kami agar semua bisa masuk ke dalam ruangan meskipun harus sedikit berdesakan karena masih ada tamu-tamu yang lain di ruangan itu.
Rupanya Habib Luthfi mengenali salah seorang dari kami dan menyapanya dengan menanyakan kabar keluarganya. Teman kami, Mirza Mahlavi pun menjawab, “Alhamdulillah kabarnya baik, Bah…”

Kepada Habib Luthfi, rombongan kami yang dipimpin H. Husni mempekenalkan diri dari Jamaah Yasin, Nariyah dan Tahlil (YANALIL) Masjid Agung Al-Jami’ Kauman Pekalongan sembari mengucapkan Tahniatul ‘Ied dan memohon maaf kepada Habib Luthfi serta minta ziyadah doa.

Beliau mengapresiasi jam’iyyah ini, mulai dari menanyakan rutinitas dilakukan pada hari apa hingga menanyakan tempat yang digunakan apakah bergilir di rumah-rumah atau menetap di masjid. Habib Luthfi dawuh kepada kami agar kiranya dapat menambahkan nama-nama auliya dan ulama Pekalongan yang telah wafat untuk ditawassuli saat rutinitas jam’iyyah YANALIL berlangsung dan beliau bersedia memberikan nama-nama tersebut. Selain untuk tabarrukan, juga agar kami dapat mengenal para auliya dan ulama terdahulu yang telah berjasa terhadap Pekalongan.

Kemudian beliau sedikit membuka sejarah beberapa ulama besar Pekalongan dan Masjid jami’ Kauman yang konon dahulu menjadi sebab Pekalongan pernah disebut “Serambi Makkah”. Bukan seperti sebutan Serambi Makkah-nya Aceh yang lebih cenderung karena politis setelah mendapat hadiah dari Turki. Berikut petikan perbincangan Habib Luthfi dan kami yang diwakili H. Muhammad Husni:

“Saiki sing kenal Kyai Pinang, sopo? Kyai Pondo, sopo? Kyai Muhammad Alimuddin, sopo? (mereka itu pendiri) Langgar Mencong. Koyo dene mesjide Habib Abdullah bin Umar bin Yahya sing tarung karo londo, sing mimpin pasukan melawan Belanda nang Pekalongan, Beliau sing mbangun Mesjid Sapuro (lan) perluasane terus Langgar Mencong karo (Mesjid) Krapyak. Banyak yang melupakan.

Lha diteruske karo santrine: Kyai Chomsa, Kyai Pondo, Kyai Pinang, Kyai Umar Badar, Kyai Muhammad Alimuddin. Ndi saiki sejarahe? Padahal turunane Kyai Pinang kui terkenal. Kenal opo ora Kyai Fuad Hasyim Cirebon? (Beliau) turunane Kyai Pinang.

Lha opo? Lha saiki ora ono sejarah, ora ono sing weruh. Kyai Sholeh Bendo paling terkenal Cirebon kui menantune Kyai Pinang ngelahirake putro yoiku Kyai Mansur. Kyai Mansur duwe anak yoiku Kyai Hasyim. Kyai Hasyim duwe anak yoiku Kyai Fuad. Hayo coba!

Terus tokoh Cirebon sing nang Kanuragan terkenal sekali yaitu Mbah Kyai Abdullah Kanuragan, iku wong Warungasem. Pondok Kempek sing ora kenal, sopo Kyai Harun Kempek? Lha ramane Kyai Harun iku wong ndi? (wong) Jenggot!”

Lha sing mulang tafsir pertama nang Mesjid Kauman, sopo? Begitu mesjid dadi, terus buka ono pondok nang lingkungan kono Tahfidzul Qur’an, mulang Qur’an bareng sak tafsire. (Yoiku) Habib Hamid. Lha putrane Habib Hamid dikejar karo Belanda terus kerono opo? (Kerono dadi) Pasukan Telik Sandine Diponegoro. Akhire gawe pertahanan nang Limpung sampe diarang abang karo Belanda, pondoke sak mesjide yo entek. Nah makame tak bangun karo aku nang Limpung. Iku sejarah! Putrane... Kyai Abdurrahman, Kyai Shiddiq kui jago-jago.

Lha Kauman mbiyek yo kauman isyek sepi, mburi mesjid kui omah isyek keno diitung, wong kui asline kuburan kok. Mbiyen kan gek ono gunung-gunungane. Sebelah kiri mesjid kae, nggon madrosah saiki kae, lha mbiyek nek ziaroh mrono kan munggah, manjat. Tengere sak geden-geden, nah aku sering mrunu. Aku wani cerito, wong aku nyekseni kok. Terus nang mburi pengimaman kae, nisan sing antik-antik kui nang kono isyek ono bunder-bunder ala Melayu.”

“Asmone ingkang Shohibul Maqom, sinten?” Tanya kami.

“Ha yo mbuh! Pokoke nang kunu kuwi yo (isi-ne makam) aluliya, ulama akeh nang kono. Iku diantarane. Lha iki sejarah kokiye ke ndewe akeh sing klalen, wes ora ngurusi. Kae sing muncul siji tok, Kyai Murtadlo, Kyai Ali Murtadlo. Cuma tulisane Raden Ali Moertolo, nang mburi madrosah kae. Lha kae mbahe Wedhana Amirin. Mbah Wedhana Amirin kui aktifitas 5 waktu (shalat) ora tau pedhot sholat berjamaah nang Kauman, omahe Keputran Gang 2.

Durung Sampangane, dari mulai Kyai Abbas, Kyai Fadholi, Kyai Umar Khothoth, Kyai Murtadlo. Lha Kyai Murtadlo kui alim-alime Kyai Pekalongan kui yo Kyai Murtadlo (Kyai Murtadlo) duwe mantu Mursyid Thoriqoh Qodiriyah; Kyai Aghus Kenayagan. Kyai Aghus Kenayagan duwe mantu; Kyai Siradj. Ndi sejarahe saikine? Hayo… Ilang kabeh.

Lha nek dinengke, iki isyek ono kowe kabeh… Mbesok 50 taun sing bakal teko, bocah-bocahe ndewe (ora ngerti) blaass. Apalagi ada unsur-unsur politik, sejarah disunati. Sehingga kita tidak tahu sejarah. Anak-anak kita berdirinya Angkatan Darat, ora weruh sejarahe. AL (Angkatan Laut) pendirinya siapa, ora weruh. AU (Angkatan Udara) pendirinya siapa, ora weruh. (Itu) sing genah nyolok.

Opo maneh ditako’i Diponegoro (kui) sopo, (sejarahe) wes disunati. (Ceritanya hanya mulai) 1825 sampai 1830, selesai (sampai Diponegoro) dibuang. Wes weruhe bocah kokuwi tok. Siji kuwi. Lama-lama bangsa kita kehilangan jejak. Siapa pendiri bangsa ini, siapa cikal bakal bangsa ini, leluhur bangsa ini yang ikut andil memerdekakan bangsa ini. Masa bodo, kerono opo? Ora ono sing weruh. Itu unsur politiknya mengarah ke sana, kita tidak sadar yang dilakukan oleh oknum-oknum.

Jaman cilikanku, mbiyek Pekalongan dibagi menjadi beberapa kecamatan, aku apal: 2 kecamatan. Arane Kota Pradja mbiyek durung Kota Madya. Timur – Barat kecamatane. Siji-sijine deso iku wajib apal (naliko) sekolah SR (Sekolah Rakyat/setara SD) mbiyek. Nek ora apal, ora munggah. Kuwi. Namane kotane dewe apal, desone apal, kecamatane apal. Barang ditako’i kepulauan Indonesia yo apal.

Lha saiki kecamatan ora apal kon takon NKRI masalah kepulauan Indonesia, priye? Kelangan pulau ora weruh, wong kecamatan be ora apal owk. Lho ini fakta kok, kulo ngomong owk. Lha jahate terkadang oleh oknum-oknum politik itu ya seperti itu, arahnya ke sana yo aku ora weruh. Arep ngomong opo? Partai (tok) digede-gede’ke… Ayo nek wes ngono arep ngomong opo?

Nah makane diungkap, lama-lama orang nanti bertanya sing terkait karo kampunge. Aku nembe ngerti… aku nembe ngerti… sopo? Tulis… Lah ngoten, dadi ora kepaten obor. Lha saiki akeh sing do kepaten obor owk, mumet raa…”

Habib Luthfi lalu bangun dari duduk bersilanya meninggalkan ruangan sebentar dan kemudian kembali masuk ke ruangan sembari memakai peci putih yang baru diambilnya. Satu dua menit kemudian terdengar adzan Maghrib yang dikumandangkan dari Musholla dekat Ndalem beliau. Setelah adzan selesai, kami pun berpamitan kepada Habib Luthfi dan melanjutkan sholat Maghrib di Musholla.

(Disadur dari status Gus Zimam Hanif III)
 
Copyright © Lina Yan. All rights reserved. | Design By Much. Nasih Amin
Wkyes