Ketika Kiai Hamid Menghadapi Sakit

Kiai Hamid Menghadapi Sakit
Sebagai manusia , maka sangatlah wajar jika Kiai hamid mengalami rasa sakit yang menginggapi tubuhnya, namun tidak semua orang mampu menahan dan tidak bercerita tentang sakitnya terhadap orang lain. Akan tetapi lain halnya dengan kiai Hamid ini, beliau sangat pandai didalam menyembunyikan rasa sakitnya terhadap orang lain, dan bahkan terhadap istri beliau sendiri, beliaupun tidak suka menunjukkan rasa sakitnya terhadap orang banyak, seperti jika sakit kepala dengan sering mememgang kepalanya, jika sakit dada sering memegang dadanya, atau yang lainnya, bahkan beliau nyaris tidak menunjukkan gejala sakitnya itu di khalayak umum.
Hal seperti ini beliau wasiatkan kepada paman beliau ( usia sang paman ini jauh lebih muda daripada kiai hamid ) ketika di Makkah dengan mengatakan “ Man, loro ojo dirasakno ( sakit jangan dirasakan )”.
Ada cerita unik ketika Kiai Hamid merasakan sakit didadanya, maka beliau mengusap-usap dadanya sendiri, namun ketika tiba-tiba datang istrinya ( Nyai Nafisah ) beliau langsung menyembunyikannya ( seolah-olah tidak pernah merasakan sakit ).

Suatu ketika kiai hamid berbincang-bincang dengan adik iparnya, tiba-tiba beliau jatuh pingsan, dan ketika siuman beliau mewanti-wanti adik iparnya agar tidak memberitahukan kepada siapapun perihal pingsannya tersebut.

Apakah Kiai Hamid anti dokter ?

Hal inilah yang mugkin jadi pertanyaan kita, jika kita melihat kesabaran beliau didalam menahan rasa sakit yang bersarang didalam tubuhnya.
Kiai Hamid bukanlah tipe kiai yang tidak mau berobat kepada dokter, buktinya ketika ada keluarganya yang sakit, maka beliau menyuruhnya untuk pergi berobat kedokter, begitu pula jika ada tamu yang meminta kesembuhan kepada beliau, maka beliau menyarankannya untuk pergi kedokter. Akan tetapi jika untuk diri pribadi beliau tidak mau untuk kedokter. Namun beliau tidak anti pati dengan yang namanya obat, hal ini terbukti dikantong saku dan rumah beliau tersedia juga obat kina/sekalor.

Detik-detik menjelang Wafatnya Kiai Hamid.

Kiai Hamid mengidap sakit berat baru terungkap ketika beliau jatuh anfal dan dirujuk kerumah sakit, dengan melihat hasil rontgen, hasil jantung Kiai Hamid menbengkak/berlubang yang cukup parah dan ginjalnya sudah tidak berfungsi. Menurut keterangan dokter yang menanganinya, seharusnya Kiai Hamid beberapa tahun sebelum jatuh anfal sudah merasakan sakit, sesak nafas/gejala lainnya. Namun begitu pandainya kiai Hamid menyembunyikannya, sehingga hal ini tidak terdeteksi dihadapan orang banyak.

Ketika dirumah sakit beliau tidak menunjukkan perkembangan kesehatannya, dan bahkan makin melemah, maka pihak keluarga beliau membawanya pulang kerumah, sehingga keadaan beliau semakin memburuk dan bahkan mengalami koma.

Bertepatan pada tanggal 9 Robi’ul Awwal 1403 H, Kiai Ahmad Shiddiq duduk disamping Kiai Hamid sambil menuntun Kiai Hamid untuk mengucapkan kalimat “ Alloh…Alloh…Alloh..” tiba-tiba ada sesuatu yang luar biasa terjadi bersamaan dengan ruhnya kiai Hamid dicabut oleh Malaikat, seolah-olah kiai Ahmad Siddiq melihat bayangan kiai Hamid naik meninggalkan jasadnya.

Alfatihah Ilaa KH. Hamid Pasuruan semoga Alloh meratakan rohmatNya kepadanya,meninggikan derajatnya, menempatkan beliau bersama baginda Rosululloh shollallohu alaihi wa aalihi wasallam, dan bersama para syuhada', sholihin, dan semoga kita mendapat keberkahannya, rahasia-rahasianya, serta cahaya-cahaya ilmunya, didalam agama, dunia dan akhirat,
bisirril faatihah.
 
Copyright © Lina Yan. All rights reserved. | Design By Much. Nasih Amin
Wkyes